Dewan Kebudayaan Morowali Soroti Kurangnya Nuansa Kesenian Lokal pada Acara Wisuda Politeknik Industri Logam Morowali

  • Aug 24, 2024
  • Admin

BAHODOPI - Ketua Dewan Kebudayaan Morowali, Amir Aminuddin, S.Pd., M.M., bersama Drs. Yusman Mahbub, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj), menghadiri Acara Wisuda Ke V Politeknik Industri Logam Morowali yang diselenggarakan di kawasan industri PT. IMIP, Bahodopi. Meskipun acara ini berlangsung dengan meriah, ada satu hal yang disayangkan oleh Ketua Dewan Kebudayaan, yakni tidak adanya nuansa dan tarian khas Morowali yang ditampilkan dalam seremonial tersebut.

"Kesenian dan budaya lokal adalah bagian penting dari identitas kita sebagai masyarakat Morowali. Kami berharap bahwa acara-acara besar seperti ini dapat menjadi wadah untuk menampilkan dan memperkenalkan kekayaan budaya kita kepada khalayak yang lebih luas," ujar Amir Aminuddin.

Menanggapi hal ini, Dewan Kebudayaan Morowali berencana untuk menyurati Kampus Politeknik Industri Logam Morowali. Dalam surat tersebut, Dewan Kebudayaan akan mengusulkan agar setiap kegiatan yang diadakan oleh Politeknik ke depan wajib mengakomodir kesenian atau tarian khas Morowali. "Ini adalah bagian dari PPKD (Pemajuan Kebudayaan Daerah) kita, dan kami akan memastikan bahwa kesenian lokal selalu mendapat tempat yang layak di acara-acara penting," tegas Ketua Dewan Kebudayaan.